Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengapa Bersin Penting dan Mengapa Anda Tidak Boleh Menahannya

Bersin adalah tindakan alami yang dilakukan oleh tubuh manusia. Ini adalah respons refleks yang terjadi ketika partikel asing atau iritan seperti debu, alergen, atau bakteri masuk ke dalam hidung kita. 

Ketika itu terjadi, saraf di hidung kita merespon dengan melepaskan pesan ke otak untuk memicu respons yang dikenal sebagai bersin. 

Saat bersin terjadi, udara dikeluarkan dari hidung dengan kecepatan tinggi, membersihkan jalan udara atas dari partikel yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas manfaat bersin serta bahaya menahannya.


Manfaat Bersin

  1. Membersihkan Saluran Udara: Salah satu manfaat utama bersin adalah membersihkan saluran udara atas. Ketika kita bersin, udara dikeluarkan dari hidung dengan kecepatan tinggi. Ini membantu menghilangkan partikel asing seperti debu, bakteri, dan alergen yang mungkin telah masuk ke dalam hidung kita. Dengan membersihkan saluran udara ini, tubuh kita dapat melindungi diri dari infeksi dan iritasi yang lebih serius.

  2. Mengurangi Beban pada Jantung: Bersin juga dapat membantu mengurangi beban pada jantung. Saat kita bersin, tekanan darah dan denyut jantung meningkat sesaat. Ini sebenarnya merupakan respons alami tubuh yang membantu memompa darah ke seluruh tubuh dengan lebih efisien. Meskipun meningkatkan tekanan sesaat, ini sebenarnya bermanfaat dalam jangka panjang karena membantu menjaga kesehatan jantung.

  3. Meningkatkan Rasa Sehat: Bersin juga dapat memberikan perasaan kenyamanan dan rasa sehat. Setelah bersin, kita sering merasa lega dan segar karena tubuh telah mengeluarkan partikel yang mengganggu. Ini dapat meningkatkan perasaan kesejahteraan secara keseluruhan.

Bahaya Menahan Bersin

Meskipun bersin memiliki banyak manfaat, menahannya bisa berbahaya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda tidak boleh menahan bersin:

  1. Mengganggu Fungsi Tubuh: Menahan bersin dapat mengganggu fungsi tubuh yang seharusnya melindungi saluran udara atas Anda. Partikel asing yang seharusnya dikeluarkan melalui bersin bisa tetap berada di dalam hidung Anda, meningkatkan risiko infeksi dan iritasi.

  2. Meningkatkan Tekanan pada Hidung dan Telinga: Menahan bersin dapat meningkatkan tekanan di dalam hidung dan telinga Anda. Ini bisa menyebabkan rasa sakit, ketidaknyamanan, atau bahkan masalah kesehatan seperti infeksi telinga.

  3. Potensi Cedera: Menahan bersin dengan menutup mulut dan hidung secara kuat dapat menyebabkan cedera. Ini termasuk risiko melukai gendang telinga atau merobek jaringan dalam hidung.

  4. Meningkatkan Tekanan Darah: Menahan bersin juga dapat meningkatkan tekanan darah secara drastis. Ini bisa berbahaya bagi orang yang sudah memiliki tekanan darah tinggi atau masalah kardiovaskular.

Bersin adalah respons alami yang penting untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh kita. Melalui bersin, tubuh kita membersihkan saluran udara atas dari partikel asing dan iritan, serta membantu menjaga kesehatan jantung. 

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak menahan bersin, melainkan membiarkannya terjadi dengan alamiah. Jika Anda merasa akan bersin, cobalah untuk menutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku untuk mencegah penyebaran partikel ke orang lain, namun jangan menahannya dengan keras. 

Dengan memahami manfaat bersin dan bahaya menahannya, kita dapat menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh kita dengan lebih baik.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse