Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengobati Hidung Mimisan (Epistaksis)

Apakah Anda pernah mengalami hidung mimisan atau keluar darah di hidung ?. Hidung mimisan, atau yang dalam istilah medis dikenal sebagai epistaksis, adalah kondisi di mana terjadi pendarahan dari rongga hidung. 

Hidung mimisan merupakan masalah umum yang dapat dialami oleh siapa saja, tanpa memandang usia. Meskipun biasanya bukanlah suatu kondisi yang serius, tetapi pendarahan hidung yang berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan memerlukan perhatian medis. 

Pada artikel kali ini akan mengulas penyebab-penyebab umum dari hidung mimisan serta memberikan panduan mengenai cara mengobati dan mencegahnya.


Penyebab Hidung Mimisan

Berikut ini beberapa penyebab terjadinya hidung mimisan yang perlu Anda ketahui:

  1. Keringnya Udara: Udara kering, khususnya saat musim dingin atau dalam lingkungan ber-AC, dapat membuat lapisan dalam hidung menjadi kering dan rentan terhadap pendarahan.

  2. Cedera Hidung: Benturan fisik pada hidung, seperti jatuh atau terkena benda keras, dapat merusak pembuluh darah di dalam hidung dan menyebabkan mimisan.

  3. Ruang Pembuluh Darah Rongga Hidung: Hidung memiliki banyak pembuluh darah kecil yang berjalan di sepanjang dinding dalam hidung. Ruang pembuluh darah ini rentan terhadap kerusakan atau pecah, yang dapat menyebabkan pendarahan.

  4. Infeksi Hidung: Infeksi seperti sinusitis atau pilek berat dapat meradangkan dan merusak lapisan dalam hidung, menyebabkan pendarahan.

  5. Alergi dan Sinusitis: Reaksi alergi atau infeksi sinus dapat menyebabkan peradangan dan penebalan lapisan dalam hidung, yang meningkatkan risiko pendarahan.

  6. Hidung Tertusuk: Memasukkan benda asing ke dalam hidung, terutama pada anak-anak, dapat merusak dinding hidung dan menyebabkan pendarahan.

  7. Penggunaan Obat-obatan: Penggunaan obat-obatan seperti antikoagulan (obat pengencer darah) atau dekongestan nasal jangka panjang dapat meningkatkan risiko pendarahan.

Cara Mengobati Hidung Mimisan

Langkah Pertama: Berhenti Panik

Jika Anda atau seseorang mengalami mimisan, yang paling penting adalah tetap tenang. Panik dapat meningkatkan tekanan darah dan memperburuk pendarahan.

Langkah Kedua: Miringkan Kepala

Miringkan kepala sedikit ke depan, bukan ke belakang, untuk mencegah darah mengalir ke tenggorokan.

Langkah Ketiga: Tekan Bagian Lunak Hidung

Tekan bagian lunak hidung antara ibu jari dan jari telunjuk selama 10-15 menit. Jangan melepaskan tekanan, bahkan jika ingin melihat apakah darah sudah berhenti.

Langkah Keempat: Kompres Dingin

Tempatkan kompres dingin di atas hidung atau di bagian belakang leher untuk membantu menyusutkan pembuluh darah dan menghentikan pendarahan.

Jika mimisan tidak kunjung berhenti setelah 20-30 menit, atau jika terjadi pendarahan yang berulang, disertai pusing, kelemahan, atau sesak napas, segera cari bantuan medis.

Pencegahan Hidung Mimisan

  • Jaga kelembaban udara di dalam ruangan, terutama saat musim kering.
  • Hindari menggaruk hidung dengan keras.
  • Gunakan pelembap hidung atau salep vaselin untuk mencegah keringnya lapisan hidung.
  • Hindari penggunaan obat-obatan yang dapat mempengaruhi pembekuan darah tanpa pengawasan medis.
  • Jaga kebersihan hidung dan hindari memasukkan benda asing ke dalamnya.

Hidung mimisan adalah masalah umum yang biasanya tidak serius, tetapi memerlukan penanganan yang tepat. 

Mengetahui penyebab-penyebab umum dan langkah-langkah untuk mengobati serta mencegahnya dapat membantu Anda mengatasi masalah ini dengan lebih baik. 

Jika pendarahan berlanjut atau berulang, penting untuk mencari nasihat medis guna memastikan tidak ada kondisi yang lebih serius di baliknya.

Baca juga: Tips Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Cara Alami

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse