Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengatasi Gatal Kulit Akibat Alergi secara Alami, Obat Tradisional yang Efektif

Gatal kulit akibat alergi dapat menjadi sangat mengganggu dalam keseharian. Gejala ini dapat berkisar dari ringan hingga parah, membuat kulit terasa tidak nyaman dan menyebabkan rasa frustrasi. 

Meskipun obat tradisional tidak menggantikan nasihat medis profesional, banyak bahan alami yang memiliki sifat antiinflamasi, antipruritik (menghilangkan gatal), dan menenangkan yang dapat membantu meredakan gatal kulit akibat alergi. 


Berikut adalah beberapa cara alami dan obat tradisional yang efektif dalam mengatasi gatal kulit karena alergi:

1. Lidah Buaya (Aloe Vera): Lidah buaya telah lama dikenal karena sifat penyembuhannya. Gel lidah buaya mengandung senyawa antiinflamasi dan menghidrasi kulit. Anda dapat memotong daun lidah buaya dan mengoleskan gelnya langsung ke area yang gatal untuk meredakan iritasi.

2. Mentimun: Mentimun memiliki kandungan air yang tinggi dan sifat penenang kulit. Iris mentimun tipis-tipis dan tempelkan pada area yang gatal. Efek dingin mentimun dapat membantu mengurangi rasa gatal.

3. Colloidal Oatmeal (Oatmeal Kolloidal): Oatmeal kolloidal adalah oatmeal yang dihaluskan menjadi serbuk halus. Tambahkan oatmeal kolloidal ke dalam air mandi hangat Anda. Ini dapat membantu mengurangi peradangan dan gatal-gatal pada kulit.

4. Minyak Kelapa: Minyak kelapa mengandung asam lemak yang membantu melembapkan kulit dan mengurangi peradangan. Oleskan minyak kelapa secara merata pada area yang gatal untuk meredakan rasa tidak nyaman.

5. Madu: Madu memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi. Oleskan madu mentah ke kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa saat sebelum membilasnya. Madu juga dapat membantu mempercepat proses penyembuhan kulit.

6. Minyak Tea Tree: Minyak tea tree memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Campurkan beberapa tetes minyak tea tree dengan minyak pembawa (seperti minyak kelapa) dan oleskan pada kulit yang gatal untuk meredakan iritasi.

7. Chamomile: Bunga chamomile memiliki sifat menenangkan dan antiinflamasi. Anda dapat membuat teh chamomile dan menggunakannya sebagai kompres atau menambahkannya ke dalam air mandi untuk meredakan gatal dan peradangan.

8. Kurkuma: Kurkuma memiliki senyawa curcumin yang memiliki sifat antiinflamasi dan antiseptik. Campurkan bubuk kurkuma dengan air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada kulit yang gatal untuk meredakan peradangan.

9. Minyak Lavender: Minyak lavender memiliki aroma yang menenangkan dan sifat antiinflamasi. Campurkan beberapa tetes minyak lavender dengan minyak pembawa dan oleskan pada kulit yang gatal untuk meredakan iritasi.

10. Daun Mint: Daun mint memiliki sifat mendinginkan dan antipruritik alami. Hancurkan daun mint segar dan oleskan pada kulit yang gatal untuk meredakan rasa tidak nyaman.

11. Perendaman Air Garam: Mandi dengan air hangat yang ditambahkan dengan garam epsom atau garam laut dapat membantu meredakan gatal dan peradangan pada kulit.

12. Minyak Borage: Minyak borage kaya akan asam gamma-linolenic yang membantu mengurangi peradangan dan gatal pada kulit. Oleskan minyak borage pada area yang gatal secara teratur.

13. Kompres Dingin: Menggunakan kompres dingin, seperti handuk yang dicelupkan dalam air dingin atau kantong es batu yang dibungkus dengan kain, dapat membantu mengurangi rasa gatal.

14. Minyak Zaitun: Minyak zaitun mengandung senyawa antiinflamasi dan antioksidan. Oleskan minyak zaitun tipis-tipis pada kulit yang gatal untuk memberikan kelembapan dan meredakan iritasi.

15. Teh Hijau: Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang dapat membantu meredakan peradangan dan gatal pada kulit. Anda bisa merendam kantong teh hijau dalam air hangat, lalu kompreskan pada area yang gatal.

16. Daun Kemangi: Daun kemangi memiliki sifat antipruritik dan dapat digunakan dengan cara menghancurkan daun kemangi segar dan mengoleskannya pada kulit yang gatal.

17. Vitamin E: Minyak vitamin E dapat membantu melembapkan kulit dan meredakan iritasi. Buka kapsul vitamin E dan oleskan minyaknya pada kulit yang gatal.

18. Cuka Sari Apel: Cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan antiinflamasi. Campurkan cuka sari apel dengan air dalam perbandingan 1:1, lalu aplikasikan pada kulit yang gatal.

19. Pijatan Ringan: Pijatan ringan pada kulit yang gatal dapat membantu merangsang sirkulasi darah dan meredakan gatal.

20. Kompres Daun Bawang Putih: Menggunakan kompres daun bawang putih yang dihaluskan dan dicampur dengan sedikit minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa gatal.

21. Kunyit dan Minyak Mustard: Campurkan bubuk kunyit dengan minyak mustard hingga membentuk pasta. Oleskan pasta ini pada kulit yang gatal untuk meredakan iritasi.

22. Garam dan Minyak Lavender: Campurkan garam dengan beberapa tetes minyak lavender untuk membuat scrub alami. Gosokkan scrub ini secara lembut pada kulit yang gatal untuk menghilangkan sel kulit mati dan meredakan iritasi.

23. Baking Soda: Baking soda memiliki sifat antipruritik yang dapat membantu mengurangi gatal. Campurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta, lalu oleskan pada kulit yang gatal.

24. Kompres Air Kelapa: Kompres dengan air kelapa segar dapat memberikan efek menenangkan pada kulit yang gatal.

25. Kayu Manis dan Madu: Campurkan bubuk kayu manis dengan madu untuk membuat pasta. Oleskan pasta ini pada kulit yang gatal dan biarkan selama beberapa saat sebelum membilas.

Penting untuk diingat bahwa hasil dapat bervariasi antara individu. Jika gatal kulit Anda berlanjut atau semakin parah, segera konsultasikan dengan dokter atau profesional medis untuk mendapatkan perawatan yang tepat. 

Jangan ragu untuk memanfaatkan obat tradisional ini sebagai pendekatan tambahan untuk meredakan gatal kulit akibat alergi Anda.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse