Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6 Cara Mengatasi Kuping/Telinga Budeg Akibat Kemasukan Air

Apakah Anda pernah mengalami kuping budeg karena kuping/telinga kemasukan air saat mandi ?. Kuping budeg atau yang juga dikenal sebagai kuping tersumbat adalah masalah umum yang banyak orang alami setelah kemasukan air ke dalam telinga. 

Sensasi ini bisa mengganggu pendengaran dan menimbulkan ketidaknyamanan. Namun, ada berbagai cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai kuping budeg akibat kemasukan air, penyebabnya, serta berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah ini.


Penyebab Kuping Budeg Akibat Kemasukan Air

Kemasukan air ke dalam telinga dapat mengganggu keseimbangan dan merusak lapisan lilin yang melindungi telinga dari kotoran dan bakteri. Kondisi ini dapat menyebabkan sensasi kuping budeg atau terasa penuh. Beberapa aktivitas yang dapat menyebabkan kemasukan air ke dalam telinga meliputi berenang, mandi, atau bahkan membersihkan telinga dengan cotton bud.

Cara Mengatasi Kuping Budeg

1. Kemiringan Kepala

Cobalah untuk memiringkan kepala ke samping dan bergerak-gerak dengan lembut. Ini bisa membantu air keluar dari telinga yang tersumbat.

2. Menarik Telinga

Tarik telinga bagian atas ke atas dan ke samping, lalu goyangkan perlahan. Hal ini bisa membantu mengeluarkan air yang mungkin terjebak di dalam telinga.

3. Menggunakan Gravitasi

Tiduran dengan telinga yang tersumbat menghadap ke bawah dapat membantu air keluar dari telinga. Letakkan handuk di bawah kepala untuk menyerap air yang keluar.

4. Panas Ringan

Tempelkan botol berisi air hangat yang dibungkus handuk hangat ke telinga yang tersumbat. Panas ringan dapat membantu mengencerkan kotoran yang mungkin terjebak.

5. Menggunakan Otolit Maneuver

Teknik ini lebih umum digunakan untuk mengatasi masalah vertigo, tetapi juga dapat membantu mengatasi kuping budeg. Caranya adalah dengan melakukan gerakan kepala tertentu yang dirancang untuk memindahkan cairan dalam telinga.

6. Tetes Telinga

Teteskan beberapa tetes minyak baby atau tetes telinga khusus yang tersedia di apotik ke dalam telinga yang tersumbat. Ini dapat membantu melunakkan kotoran dan memfasilitasi keluarnya air.

Jika upaya rumah tidak berhasil atau jika Anda mengalami gejala lain seperti rasa nyeri, peradangan, atau gangguan pendengaran yang serius, disarankan untuk mencari bantuan medis. Dokter atau tenaga medis akan dapat memberikan penanganan yang lebih tepat jika masalahnya lebih serius.

Pencegahan

Untuk menghindari kuping budeg akibat kemasukan air, Anda dapat melakukan beberapa langkah pencegahan, seperti:

  • Menggunakan penutup telinga atau kapas yang dicelupkan dalam minyak baby saat berenang atau mandi.
  • Menghindari membersihkan telinga terlalu dalam dengan cotton bud, karena dapat mendorong kotoran lebih dalam.

Kuping budeg akibat kemasukan air bisa sangat mengganggu, tetapi ada banyak cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah ini di rumah. 

Namun, jika gejala berlanjut atau menjadi lebih serius, penting untuk mencari bantuan medis. Lebih baik mencegah dengan tindakan pencegahan sederhana seperti penggunaan penutup telinga saat berenang dan menghindari membersihkan telinga secara berlebihan.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse