Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sakit Gigi Berlubang: Penyebab, Gejala, dan Obat di Apotik

Sakit gigi berlubang, atau karies gigi, adalah masalah umum yang dialami oleh banyak orang di seluruh dunia. Kondisi ini terjadi ketika bakteri dalam mulut mengubah sisa-sisa makanan menjadi asam, yang kemudian mengikis lapisan luar gigi (email) dan menghasilkan lubang atau karies. 

Dalam artikel ini akan membahas penyebab sakit gigi berlubang, gejala yang umum muncul, dan beberapa obat yang tersedia di apotik untuk meredakan sakit gigi berlubang.


Penyebab Sakit Gigi Berlubang

Sakit gigi berlubang disebabkan oleh tiga faktor utama: bakteri, asam, dan gigi yang rentan. Ketika kita makan atau minum, sisa-sisa makanan tertinggal di mulut dan memberikan sumber nutrisi bagi bakteri. Bakteri ini membentuk lapisan lengket yang dikenal sebagai plak. Plak mengandung bakteri yang merombak gula dalam makanan menjadi asam. Asam ini akan menyerang lapisan email gigi dan melemahkannya. Lama kelamaan, asam dan bakteri dapat merusak gigi dan membentuk lubang yang disebut karies.

Beberapa faktor yang meningkatkan risiko terjadinya sakit gigi berlubang meliputi konsumsi makanan dan minuman manis berlebihan, kurangnya kebersihan mulut, jarang menggosok gigi, dan ketidakseimbangan mineral dalam air liur.

Gejala Sakit Gigi Berlubang

Gejala sakit gigi berlubang dapat bervariasi tergantung pada tingkat kerusakan gigi. Gejala yang umum mungkin meliputi:

  1. Sensitivitas Gigi: Gigi menjadi sensitif saat mengonsumsi makanan atau minuman panas, dingin, atau manis.

  2. Nyeri Gigi: Rasa sakit atau nyeri pada gigi, terutama saat menggigit atau mengunyah makanan.

  3. Lubang pada Gigi: Jika lubang gigi cukup besar, Anda mungkin dapat melihatnya atau merasakannya dengan lidah.

  4. Pembengkakan: Jika infeksi gigi menyebabkan abses, Anda mungkin mengalami pembengkakan pada wajah, gusi yang merah dan bengkak, serta rasa pahit dalam mulut.

  5. Gigi Goyang: Jika karies mengakibatkan kerusakan serius pada gigi, gigi dapat menjadi goyang atau longgar.

Obat di Apotik untuk Meredakan Sakit Gigi Berlubang

Jika Anda mengalami sakit gigi berlubang, beberapa obat yang dapat membantu meredakan gejala sementara adalah:

  1. Obat Pereda Nyeri (Analgesik): Obat analgesik bebas yang mengandung bahan aktif seperti asetaminofen, ibuprofen, atau naproksen dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri pada gigi. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang tertera pada kemasan obat dan berkonsultasi dengan apoteker atau dokter jika Anda memiliki kondisi medis tertentu atau sedang mengonsumsi obat lain.

  2. Salep Analgesik: Salep atau gel analgesik yang mengandung benzokain dapat dioleskan pada area gigi yang sakit untuk meredakan nyeri secara lokal.

  3. Salep Kortikosteroid: Jika ada pembengkakan pada gusi, salep kortikosteroid dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan.

  4. Obat Kumur Khusus Gigi: Obat kumur yang mengandung antiseptik dapat membantu membersihkan mulut dari bakteri dan mengurangi risiko infeksi.

  5. Obat Pengisi Sementara: Obat pengisi sementara untuk gigi yang terjual di apotik dapat digunakan untuk menutup lubang gigi yang terbuka dan meredakan sensitivitas.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter

Meskipun obat di apotik dapat membantu meredakan gejala sementara, penting untuk berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah masalah gigi berlubang menjadi lebih buruk. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh dan menentukan perawatan yang sesuai, seperti membersihkan plak dan karies, melakukan pengisian gigi (restorasi), atau melakukan perawatan akar gigi jika infeksi telah menyebar ke jaringan pulpa.

Sakit gigi berlubang merupakan masalah umum yang disebabkan oleh bakteri dan asam yang merusak gigi. Gejala sakit gigi berlubang meliputi sensitivitas gigi, nyeri, lubang pada gigi, dan pembengkakan pada gusi. 

Beberapa obat di apotik dapat membantu meredakan gejala sementara, tetapi kunjungan ke dokter gigi diperlukan untuk perawatan yang lebih mendalam dan pencegahan masalah gigi berlubang menjadi lebih buruk. 

Selalu jaga kebersihan mulut dengan rutin menggosok gigi, menghindari makanan manis berlebihan, dan kunjungi dokter gigi secara teratur untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi Anda.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse