Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab, Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami, dan Medis

Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang seringkali disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. 

Gejalanya termasuk rasa sakit atau gatal di tenggorokan, nyeri saat menelan, dan kadang-kadang disertai batuk atau pilek. 

Artikel ini akan membahas penyebab radang tenggorokan, serta cara mengatasi kondisi ini secara alami dan medis.


Penyebab Radang Tenggorokan

  1. Infeksi Virus: Virus seperti virus flu, virus common cold, dan virus Coxsackie dapat menyebabkan radang tenggorokan. Virus ini menyebar melalui tetesan percikan udara yang dihasilkan saat batuk atau bersin oleh seseorang yang terinfeksi.

  2. Infeksi Bakteri: Bakteri seperti Streptococcus pyogenes adalah penyebab umum radang tenggorokan bakterial, terutama tonsilitis streptokokus. Infeksi bakteri biasanya memerlukan perawatan medis.

  3. Alergi: Reaksi alergi terhadap serbuk sari, bulu binatang, debu, atau bahan kimia tertentu juga dapat menyebabkan peradangan di tenggorokan.

  4. Polusi Udara: Pajanan terus-menerus terhadap polusi udara dapat mengiritasi tenggorokan dan menyebabkan radang.

  5. Merokok atau Paparan Asap Rokok: Merokok atau terpapar asap rokok dapat merusak lapisan tenggorokan dan menyebabkan radang.

  6. Penggunaan Suara Berlebihan: Teriakan atau menggunakan suara berlebihan dalam jangka panjang dapat menyebabkan peradangan pada pita suara dan tenggorokan.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Alami

Berikut adalah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara alami:

  1. Berkumur dengan Air Garam: Berkumur dengan larutan air garam hangat beberapa kali sehari dapat membantu mengurangi peradangan dan meredakan rasa sakit di tenggorokan.

  2. Minum Air Hangat dengan Madu dan Lemon: Campuran air hangat dengan madu dan perasan lemon dapat membantu meredakan tenggorokan yang teriritasi dan mengurangi batuk.

  3. Minum Teh Herbal: Teh herbal seperti teh peppermint atau chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan gejala radang tenggorokan.

  4. Kompres Hangat di Leher: Mengompres leher dengan handuk hangat dapat membantu meredakan rasa sakit dan nyeri pada tenggorokan.

  5. Kudapan Es Batu: Menghisap es batu atau makan es krim dapat membantu mengurangi peradangan dan meringankan tenggorokan yang sakit.

Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Secara Medis

Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, perawatan medis mungkin diperlukan. Berikut adalah beberapa cara mengatasi radang tenggorokan secara medis:

  1. Antibiotik: Jika radang tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin meresepkan antibiotik untuk membantu menghilangkan bakteri penyebab.

  2. Obat Pereda Gejala: Dokter juga dapat meresepkan obat pereda gejala seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau pereda nyeri untuk meredakan rasa sakit dan nyeri di tenggorokan.

  3. Pengobatan Alergi: Jika radang tenggorokan disebabkan oleh alergi, dokter dapat meresepkan obat antihistamin atau mengajukan pengujian alergi untuk menentukan alergen penyebab.

  4. Konsultasi dengan Ahli THT: Jika radang tenggorokan berulang atau berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan dengan ahli THT (Telinga, Hidung, Tenggorokan) untuk evaluasi dan penanganan yang lebih lanjut.

Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, alergi, atau paparan bahan iritan. 

Jika Anda mengalami radang tenggorokan, perawatan mandiri seperti berkumur dengan air garam dan minum teh herbal dapat membantu meredakan gejala. 

Namun, jika radang tenggorokan parah atau disertai dengan gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan perawatan medis yang tepat. 

Jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh dan hindari paparan zat-zat yang dapat merusak tenggorokan untuk mencegah radang tenggorokan yang berulang.

Baca juga: Cara Alami Mengatasi Alergi Udang

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse