Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kesemutan: Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasi

Kesemutan adalah sensasi yang tidak menyenangkan yang seringkali terjadi pada bagian tubuh, seperti tangan, kaki, lengan, atau jari-jari. 

Sensasi ini dapat berupa mati rasa, terbakar, kesemutan, atau geli. Meskipun biasanya bukan masalah serius, kesemutan bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan yang lebih serius. 

Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab kesemutan, beberapa gejala yang mungkin terjadi, dan cara-cara mengatasi kesemutan.


Penyebab Kesemutan

  1. Tekanan pada Saraf: Tekanan yang diberikan pada saraf oleh jaringan atau bagian tubuh lain dapat menyebabkan kesemutan. Contohnya, saat kita duduk dalam posisi tertentu dalam waktu lama, kita mungkin merasa kesemutan di kaki atau tangan. Ini terjadi karena tekanan yang menghambat aliran darah dan saraf.

  2. Gangguan Saraf: Beberapa kondisi medis, seperti herniasi diskus, neuropati, sindrom terowongan karpal, atau sindrom piriformis, dapat menyebabkan kesemutan. Gangguan saraf ini dapat merusak saraf dan mengganggu sinyal saraf, menyebabkan sensasi kesemutan.

  3. Gangguan Sirkulasi: Gangguan pada aliran darah ke bagian tubuh tertentu dapat menyebabkan kesemutan. Diabetes, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi adalah contoh kondisi yang dapat mempengaruhi sirkulasi darah.

  4. Cedera Fisik: Cedera seperti cedera tulang belakang atau cedera pada ekstremitas dapat menyebabkan kesemutan pada area yang terkena cedera.

  5. Kekurangan Vitamin B12: Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan gangguan saraf, yang pada gilirannya dapat menyebabkan kesemutan.

  6. Tekanan pada Saraf Lanjutan: Beberapa penyakit, seperti tumor atau kista, bisa memberikan tekanan pada saraf dan menyebabkan kesemutan.

Gejala Kesemutan

Gejala kesemutan yang umum meliputi:

  1. Sensasi mati rasa, terbakar, geli, atau kesemutan pada bagian tubuh tertentu.
  2. Kesulitan menggerakkan atau menggunakan bagian tubuh yang terkena kesemutan.
  3. Sensasi seperti jarum-jarum tertusuk pada kulit.
  4. Perasaan lemah pada anggota tubuh yang terpengaruh.
  5. Kesulitan merasakan sentuhan atau suhu pada bagian yang kesemutan.

Cara Mengatasi Kesemutan

Penting untuk dicatat bahwa jika Anda mengalami kesemutan yang berkepanjangan atau berulang, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis untuk menilai kondisi Anda. Namun, dalam beberapa kasus ringan, berikut adalah beberapa cara mengatasi kesemutan:

  1. Ubah Posisi Tubuh: Jika kesemutan disebabkan oleh tekanan pada saraf karena posisi duduk atau berdiri yang lama, ubahlah posisi tubuh Anda secara berkala untuk meredakan tekanan pada saraf tersebut.

  2. Peregangan: Lakukan peregangan ringan pada area yang mengalami kesemutan, terutama jika kesemutan terjadi setelah duduk atau berbaring dalam waktu lama.

  3. Bergerak Aktif: Cobalah berjalan-jalan atau melakukan gerakan ringan lainnya untuk meningkatkan sirkulasi darah dan meredakan kesemutan.

  4. Hindari Tekanan Berkepanjangan: Jika pekerjaan atau aktivitas tertentu menyebabkan kesemutan, coba hindari tekanan berlebih pada area yang terkena.

  5. Terapi Panas atau Dingin: Penggunaan kompres hangat atau dingin pada area yang kesemutan bisa membantu meredakan sensasi tidak nyaman.

  6. Ganti Posisi Tidur: Jika Anda sering mengalami kesemutan saat tidur, coba ganti posisi tidur atau gunakan bantal yang lebih sesuai untuk mendukung tubuh Anda.

  7. Konsumsi Makanan Sehat: Pastikan diet Anda kaya akan vitamin B12, zat besi, dan nutrisi penting lainnya untuk menjaga kesehatan saraf.

  8. Olahraga Teratur: Lakukan olahraga secara teratur untuk meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga kesehatan saraf dan sistem saraf Anda.

Jika kesemutan Anda berlangsung terus-menerus atau menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, segera berkonsultasi dengan dokter atau ahli medis untuk evaluasi lebih lanjut dan diagnosis yang tepat. 

Mengenali penyebab kesemutan dan mengambil tindakan yang sesuai adalah langkah awal yang penting untuk menjaga kesehatan saraf dan mencegah kondisi yang lebih serius.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse