Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa itu Kanker dan Macam-Macam Kanker pada Manusia

Kanker adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sekelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan berpotensi merusak jaringan dan organ di dalam tubuh. 

Kanker dapat terjadi di hampir setiap bagian tubuh manusia dan dapat menyebar dari tempat asalnya ke bagian lain tubuh melalui proses yang disebut metastasis. 

Dalam artikel ini akan menjelaskan apa itu kanker, faktor risiko, serta beberapa macam-macam kanker yang umum terjadi pada manusia.


Apa Itu Kanker?

Kanker terjadi ketika sel-sel dalam tubuh mengalami mutasi genetik yang menyebabkan pertumbuhan sel-sel menjadi tidak terkendali. Sel normal tumbuh, membelah, dan mati secara teratur. Namun, sel-sel kanker tumbuh dan membelah dengan cepat, tanpa mengalami proses kematian sel yang normal (apoptosis). Kumpulan sel-sel kanker ini kemudian membentuk massa yang disebut tumor.

Ada dua jenis tumor yang umum terjadi:

  1. Tumor Jinak (Benign): Tumor jinak adalah tumor yang tidak menyebar ke jaringan di sekitarnya dan tidak menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meskipun tidak bersifat kanker, tumor jinak tertentu dapat menyebabkan masalah kesehatan jika menekan organ atau struktur yang berdekatan.

  2. Tumor Ganas (Malignant): Tumor ganas adalah tumor yang bersifat kanker dan dapat menyebar ke jaringan dan organ di sekitarnya, serta dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui aliran darah atau sistem limfatik. Proses penyebaran ini disebut metastasis.

Faktor Risiko Kanker

Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan kanker. Beberapa faktor risiko tersebut meliputi:

  1. Merokok dan Konsumsi Tembakau: Merokok dan konsumsi tembakau lainnya meningkatkan risiko untuk berbagai jenis kanker, termasuk kanker paru-paru, mulut, tenggorokan, dan pankreas.

  2. Riwayat Keluarga: Jika ada anggota keluarga yang pernah mengalami kanker, risiko Anda untuk mengembangkan jenis kanker yang sama atau sejenis dapat meningkat.

  3. Paparan Zat Berbahaya: Paparan zat-zat berbahaya seperti asbes, radiasi, dan bahan kimia tertentu di tempat kerja atau lingkungan sekitar dapat meningkatkan risiko kanker.

  4. Gaya Hidup dan Pola Makan: Gaya hidup yang tidak sehat, konsumsi makanan tidak sehat, serta kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan risiko kanker.

  5. Infeksi Menular Seksual: Beberapa infeksi menular seksual, seperti Human Papillomavirus (HPV), dapat meningkatkan risiko kanker serviks.

Macam-Macam Kanker pada Manusia

Ada lebih dari 100 jenis kanker yang telah diidentifikasi, dan setiap jenis kanker dapat memiliki karakteristik, gejala, dan metode pengobatan yang berbeda. Di bawah ini adalah beberapa macam-macam kanker yang umum terjadi pada manusia:

  1. Kanker Paru-Paru: Kanker yang terjadi pada paru-paru dan biasanya terkait dengan merokok.

  2. Kanker Payudara: Kanker yang terjadi pada jaringan payudara, umumnya pada wanita.

  3. Kanker Prostat: Kanker yang terjadi pada prostat, kelenjar kecil di dekat kandung kemih pada pria.

  4. Kanker Kolorektal: Kanker yang terjadi pada usus besar atau rektum.

  5. Kanker Kandung Kemih: Kanker yang terjadi pada kandung kemih.

  6. Kanker Kulit: Kanker yang terjadi pada sel-sel kulit, termasuk melanoma, jenis kanker kulit yang paling ganas.

  7. Kanker Leher Rahim: Kanker yang terjadi pada serviks atau leher rahim, biasanya terkait dengan infeksi HPV.

  8. Kanker Pankreas: Kanker yang terjadi pada pankreas, organ yang menghasilkan hormon dan enzim yang penting untuk pencernaan.

  9. Kanker Hati: Kanker yang terjadi pada hati dan biasanya terkait dengan sirosis hati atau infeksi virus hepatitis.

  10. Leukemia: Jenis kanker yang terjadi pada sel darah putih dalam sumsum tulang.

  11. Limfoma: Kanker yang terjadi pada sistem limfatik, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh.

  12. Kanker Ovarium: Kanker yang terjadi pada ovarium atau indung telur pada wanita.

  13. Kanker Ginjal: Kanker yang terjadi pada ginjal.

  14. Kanker Tiroid: Kanker yang terjadi pada kelenjar tiroid di leher.


Kanker adalah kelompok penyakit yang ditandai oleh pertumbuhan sel-sel yang tidak terkendali dan berpotensi merusak jaringan dan organ di dalam tubuh. Kanker dapat terjadi di hampir setiap bagian tubuh manusia dan dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya melalui proses metastasis. 

Ada berbagai faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang mengembangkan kanker, termasuk merokok, riwayat keluarga, paparan zat berbahaya, gaya hidup tidak sehat, dan infeksi menular seksual tertentu. 

Beberapa jenis kanker yang umum terjadi pada manusia meliputi kanker paru-paru, kanker payudara, kanker prostat, kanker kulit, kanker kandung kemih, dan lain-lain. Penting untuk mengenali gejala dan risiko kanker serta menjalani pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk deteksi dini dan penanganan yang tepat jika terjadi kanker.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse