Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memutihkan Gigi Secara Alami, Tips dan Pengobatan Rumahan

Senyuman yang cerah dan gigi putih adalah dambaan bagi banyak orang. Namun, banyak faktor seperti konsumsi kopi, teh, merokok, dan faktor usia dapat membuat gigi menjadi kuning atau mengalami noda. 

Untungnya, ada banyak cara alami yang dapat Anda coba untuk memutihkan gigi tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya untuk perawatan profesional. 

Dalam artikel ini, kami akan mengulas beberapa tips dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda memutihkan gigi secara alami.


1. Sikat Gigi secara Teratur dan dengan Benar:

Rutin menggosok gigi adalah kunci untuk menjaga gigi tetap bersih dan putih. Pastikan Anda menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi yang mengandung bahan pemutih. Sikat gigi dengan gerakan memutar dan jangan terlalu keras menyikat gigi, karena dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan enamel gigi.

2. Gunakan Baking Soda:

Baking soda adalah bahan alami yang dapat membantu memutihkan gigi dengan menghilangkan noda-noda pada permukaan gigi. Campurkan sedikit baking soda dengan air atau pasta gigi biasa, lalu gunakan campuran ini untuk menyikat gigi. Namun, jangan gunakan baking soda terlalu sering, sekitar dua kali seminggu sudah cukup, karena penggunaan berlebihan dapat merusak enamel gigi.

3. Hindari Makanan Berwarna Gelap:

Makanan atau minuman berwarna gelap seperti kopi, teh, anggur merah, dan saus tomat dapat menyebabkan noda pada gigi. Untuk memutihkan gigi secara alami, hindari konsumsi berlebihan makanan atau minuman tersebut. Jika Anda mengonsumsinya, usahakan segera berkumur atau sikat gigi setelahnya untuk menghindari noda pada gigi.

4. Kulit Jeruk dan Kulit Pisang:

Kulit jeruk dan kulit pisang mengandung nutrisi dan senyawa yang dapat membantu memutihkan gigi secara alami. Gosokkan bagian dalam kulit jeruk atau kulit pisang secara perlahan di permukaan gigi selama beberapa menit, lalu bilas mulut Anda dengan air bersih. Lakukan ini secara teratur untuk hasil yang lebih baik.

5. Minyak Kelapa untuk Oil Pulling:

Oil pulling adalah praktik kuno yang dilakukan untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mengambil satu sendok makan minyak kelapa dan meludahkannya setelah dikunyah selama 15-20 menit. Minyak kelapa akan membantu mengikat bakteri dan plak pada gigi, dan kemudian Anda bisa berkumur dengan air hangat dan menyikat gigi seperti biasa.

6. Mengonsumsi Buah dan Sayuran Segar:

Buah-buahan seperti apel, stroberi, nanas, dan sayuran seperti wortel dan brokoli mengandung serat yang dapat membantu membersihkan gigi secara alami dan memutihkannya. Selain itu, buah-buahan tersebut juga membantu meningkatkan produksi air liur, yang dapat membantu melawan bakteri dan plak pada gigi.

7. Gunakan Kulit Kayu Manis:

Kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu dalam pemutihan gigi. Anda bisa mencampurkan serbuk kayu manis dengan pasta gigi atau sedikit air untuk membuat pasta dan kemudian menggosokkan pada gigi secara perlahan. Lakukan dengan hati-hati dan hindari pemakaian berlebihan.

8. Jangan Merokok:

Merokok adalah salah satu penyebab utama gigi kuning. Nikotin dan tar dalam rokok dapat menyebabkan noda pada gigi dan merusak kesehatan gigi secara keseluruhan. Jika Anda merokok, pertimbangkan untuk berhenti untuk mendapatkan gigi yang lebih putih dan kesehatan mulut yang lebih baik.

9. Hindari Gula dan Makanan Manis Lainnya:

Gula adalah pemicu utama kerusakan gigi dan pembentukan plak. Hindari makanan dan minuman manis secara berlebihan untuk mencegah gigi berlubang dan memperoleh gigi yang lebih putih.

10. Kunjungi Dokter Gigi Secara Rutin:

Terakhir, pastikan Anda mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi profesional. Pembersihan gigi yang dilakukan oleh profesional dapat membantu menghilangkan noda dan plak yang sulit dijangkau oleh sikat gigi biasa.

Meskipun metode di atas dapat membantu memutihkan gigi secara alami, hasilnya mungkin berbeda untuk setiap individu. 

Selain itu, perlu diingat bahwa pemutihan gigi alami membutuhkan waktu dan konsistensi. Jika Anda memiliki masalah gigi tertentu atau gigi sensitif, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi sebelum mencoba metode pemutihan gigi apa pun. 

Perawatan gigi profesional mungkin diperlukan untuk kasus yang lebih parah atau jika Anda menginginkan hasil yang lebih cepat dan efektif.

Admin
Admin staff nurse dari tahun 2007- 2018 as to Almana General Hospital KSA ICU senior staff, Dermatology surgery di Riyadh KSA, , Sulaiman Al Habibb Hospital as to Senior staff Nurse