Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Terbukti Manjur

Sakit gigi adalah suatu kondisi yang tidak hanya membuat Anda merasa tidak nyaman, tetapi juga dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Ada berbagai penyebab yang dapat menyebabkan sakit gigi, dan dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa penyebab umum yang harus diketahui.



Penyebab Terjadinya Sakit Gigi 

  1. Karies gigi
    Karies gigi adalah salah satu penyebab utama sakit gigi. Hal ini terjadi ketika plak bakteri menempel pada gigi dan menghasilkan asam yang merusak lapisan gigi, sehingga menyebabkan gigi berlubang dan menjadi sensitif.

  2. Gigi retak atau rusak
    Gigi retak atau rusak juga dapat menyebabkan sakit gigi. Jika retakan atau kerusakan parah, maka saraf di dalam gigi dapat terpapar dan menyebabkan rasa sakit yang parah.

  3. Gigi bungsu tumbuh
    Gigi bungsu tumbuh dapat menjadi sumber sakit gigi. Hal ini terjadi ketika gigi bungsu tidak memiliki cukup ruang untuk tumbuh dan menyebabkan tekanan pada gigi sekitarnya.

  4. Infeksi gusi
    Infeksi gusi, atau gingivitis, adalah suatu kondisi yang terjadi ketika gusi meradang dan bengkak. Ini dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi menjadi lebih sensitif. Baca juga: Cara Mengatasi/Mengobati Gusi Berdarah Terbukti Ampuh dan Apa Saja Penyebabnya

  5. Sinusitis
    Sinusitis adalah suatu kondisi yang terjadi ketika sinus meradang dan bengkak. Ini dapat menyebabkan tekanan pada gigi dan menyebabkan rasa sakit yang menyerupai sakit gigi.

  6. Bruxism
    Bruxism, atau menggertakkan gigi, dapat menjadi penyebab sakit gigi. Hal ini terjadi ketika gigi digerakkan dengan keras dan terus-menerus, sehingga menyebabkan sakit dan kerusakan pada gigi.

  7. Pemakaian gigi yang salah
    Pemakaian gigi yang salah, seperti mengigit benda keras atau menggunakan gigi sebagai alat membuka botol, dapat menyebabkan kerusakan pada gigi dan menyebabkan sakit gigi.

  8. Sensitivitas gigi
    Sensitivitas gigi dapat menyebabkan sakit gigi ketika gigi terpapar dengan makanan atau minuman yang panas, dingin, atau manis.

Sakit gigi dapat disebabkan oleh berbagai hal, termasuk karies gigi, gigi retak atau rusak, gigi bungsu tumbuh, infeksi gusi, sinusitis, bruxism, pemakaian gigi yang salah, dan sensitivitas gigi. Untuk mencegah sakit gigi, penting untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut secara teratur dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan gigi yang tepat.

Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

Sakit gigi bisa menjadi masalah yang sangat menyakitkan dan mengganggu keseharian Anda. Meskipun ada berbagai obat-obatan dan perawatan modern yang dapat membantu mengatasi sakit gigi, beberapa bahan alami juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit dan mempercepat penyembuhan. Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi:

  1. Bawang putih
    Bawang putih mengandung senyawa allicin, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Caranya, hancurkan beberapa siung bawang putih dan tambahkan sedikit garam. Tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit, lalu bilas mulut dengan air hangat. Anda juga bisa mengunyah bawang putih mentah untuk membantu mengurangi rasa sakit.

  2. Kapur sirih
    Kapur sirih mengandung senyawa antiseptik dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi. Caranya, campurkan kapur sirih dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta tersebut pada gigi yang sakit dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat.

  3. Minyak cengkeh
    Minyak cengkeh mengandung senyawa eugenol, yang memiliki sifat antiseptik dan anti-inflamasi. Caranya, celupkan kapas ke dalam minyak cengkeh dan tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh dengan sedikit air dan menggunakannya sebagai obat kumur.

  4. Jahe
    Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi. Caranya, parut jahe segar dan letakkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Anda juga bisa menambahkan sedikit air hangat dan madu pada jahe parut untuk membuat ramuan yang lebih efektif.

  5. Teh hijau
    Teh hijau mengandung senyawa antioksidan dan anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan rasa sakit pada gigi. Caranya, seduh teh hijau dan dinginkan terlebih dahulu. Kemudian, gunakan teh hijau yang sudah dingin sebagai obat kumur untuk membantu mengurangi rasa sakit pada gigi.

  6. Lemon
    Lemon mengandung senyawa antioksidan dan antibakteri yang bisa membantu meredakan rasa sakit dan peradangan pada gigi. Caranya, iris lemon menjadi beberapa bagian dan tempelkan pada gigi yang sakit selama beberapa menit. Namun, hati-hati karena asam pada lemon bisa merusak lapisan gigi jika digunakan secara berlebihan.

  7. Garam
    Garam mengandung senyawa antibakteri dan anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit pada gigi. Caranya, campurkan satu sendok teh garam dengan sedikit air dan gunakan sebagai obat kumur. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam pada air hangat dan berkumur


Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Obat di Apotik

Sakit gigi dapat membuat hari-hari Anda terasa tidak nyaman. Namun, Anda dapat mengatasi rasa sakit gigi dengan mengunjungi apotek terdekat dan membeli obat yang tepat untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Berikut adalah beberapa obat yang bisa Anda gunakan untuk mengobati sakit gigi:

  1. Parasetamol
    Parasetamol adalah obat pereda nyeri yang aman dan sering direkomendasikan untuk meredakan sakit gigi. Cara kerjanya adalah dengan mengurangi rasa sakit dan mengurangi peradangan. Selain itu, parasetamol juga memiliki efek antipiretik (menurunkan demam). Dosis yang disarankan adalah 500-1000 mg setiap 4-6 jam tergantung pada beratnya sakit gigi.

  2. Ibuprofen
    Ibuprofen adalah obat anti-inflamasi nonsteroid (OAINS) yang membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi. Selain itu, ibuprofen juga membantu mengurangi bengkak dan kaku pada area gigi yang terkena. Dosis yang disarankan adalah 400-600 mg setiap 4-6 jam tergantung pada beratnya sakit gigi.

  3. Asam mefenamat
    Asam mefenamat adalah OAINS yang juga membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada gigi. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi bengkak dan kaku pada area gigi yang terkena. Dosis yang disarankan adalah 250-500 mg setiap 8 jam tergantung pada beratnya sakit gigi.

  4. Benzokain
    Benzokain adalah obat topikal yang dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit gigi. Obat ini bekerja dengan menghilangkan rasa sakit pada area gigi yang terkena. Bentuk obat benzokain yang tersedia di apotek adalah salep atau gel. Cara penggunaannya adalah dengan mengoleskan obat pada area gigi yang sakit.

  5. Kombinasi kodein dan parasetamol
    Jika sakit gigi Anda terlalu parah dan tidak merespon dengan baik terhadap obat pereda nyeri biasa, kombinasi kodein dan parasetamol dapat digunakan sebagai alternatif. Kombinasi obat ini hanya tersedia dengan resep dokter, karena kodein adalah obat kuat yang dapat menyebabkan efek samping jika digunakan secara berlebihan.

Sebelum mengonsumsi obat apa pun untuk mengobati sakit gigi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker untuk mendapatkan saran yang tepat. Selain itu, pastikan Anda mengikuti dosis yang tepat dan tidak mengonsumsi obat secara berlebihan, karena dapat menyebabkan efek samping yang berbahaya.

Demikianlah informasi tentang penyebab sakit gigi dan cara mengobati sakit gigi dengan bahan alami ataupun dengan obat-obatan di apotik yang terbukti manjur. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Sakit Gigi Berlubang: Penyebab, Gejala, dan Obat di Apotik