Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi/Mengobati Gusi Berdarah Terbukti Ampuh dan Apa Saja Penyebabnya

Gusi berdarah adalah masalah kesehatan gigi yang umum terjadi pada banyak orang. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan gusi berdarah, dan pemahaman tentang penyebabnya dapat membantu Anda mencegahnya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gusi berdarah:



Penyebab Terjadinya Gusi Berdarah

  1. Gingivitis
    Gingivitis adalah peradangan pada gusi yang disebabkan oleh akumulasi plak pada gigi dan gusi. Plak adalah lapisan bakteri yang terbentuk di gigi dan gusi jika tidak dibersihkan dengan baik. Jika plak tidak dibersihkan secara teratur, maka akan terjadi peradangan pada gusi, yang menyebabkan gusi menjadi merah, bengkak, dan mudah berdarah.

  2. Gigi yang tidak rapi
    Gigi yang tidak rapi dan sulit dijangkau saat membersihkannya dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan plak. Hal ini dapat menyebabkan gusi meradang dan berdarah saat menyikat gigi.

  3. Perawatan gigi yang buruk
    Jika Anda tidak merawat gigi Anda dengan baik, seperti tidak menyikat gigi secara teratur, maka plak dan bakteri dapat menumpuk dan menyebabkan peradangan pada gusi yang menyebabkan gusi berdarah.

  4. Kekurangan vitamin K dan C
    Kekurangan vitamin K dan C dapat menyebabkan gusi menjadi lemah dan mudah berdarah. Vitamin K berperan penting dalam pembekuan darah, sedangkan vitamin C membantu memperkuat gusi dan jaringan ikat di sekitarnya.

  5. Penggunaan obat-obatan tertentu
    Beberapa jenis obat-obatan, seperti obat antikoagulan, obat penurun tekanan darah, dan obat imunosupresan, dapat menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah.

  6. Kehamilan
    Perubahan hormonal selama kehamilan dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif dan mudah berdarah.

  7. Kebiasaan merokok
    Merokok dapat menyebabkan gangguan pada sirkulasi darah di gusi, yang dapat menyebabkan gusi menjadi meradang dan berdarah.

Demikianlah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gusi berdarah. Untuk mencegahnya, Anda dapat melakukan beberapa tindakan, seperti menyikat gigi secara teratur, membersihkan ruang antara gigi dengan menggunakan benang gigi, menghindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula, dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk melakukan pembersihan gigi dan perawatan lainnya. 

Jika gusi berdarah terus berlanjut dan tidak sembuh setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi Gusi Berdarah dengan Bahan Alami

Gusi berdarah dapat menjadi masalah kesehatan gigi yang umum terjadi pada banyak orang. Namun, ada beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi masalah ini. Berikut ini adalah beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi gusi berdarah:

  1. Jahe
    Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Anda dapat mengunyah potongan kecil jahe atau membuat teh jahe dengan mencampurkan beberapa irisan jahe dengan air panas.

  2. Lidah buaya
    Lidah buaya memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan memperkuat jaringan gusi. Ambil gel lidah buaya segar dan oleskan pada gusi yang berdarah.

  3. Minyak kelapa
    Minyak kelapa memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membersihkan bakteri dan plak pada gigi dan gusi. Anda dapat menggunakan minyak kelapa sebagai obat kumur setelah menyikat gigi atau mengoleskannya pada gusi yang berdarah.

  4. Teh hijau
    Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang disebut katekin, yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Anda dapat mengonsumsi teh hijau secara teratur atau menggunakannya sebagai obat kumur.

  5. Baking soda
    Baking soda adalah bahan alami yang dapat membantu membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri. Campurkan baking soda dengan sedikit air hingga membentuk pasta dan gunakan untuk menggosok gigi dan gusi Anda.

  6. Garam
    Garam memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu membersihkan bakteri pada gigi dan gusi Anda. Campurkan sedikit garam dengan air hangat dan gunakan sebagai obat kumur atau oleskan pada gusi yang berdarah.

  7. Lemon
    Lemon memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Campurkan air lemon dengan sedikit garam dan gunakan sebagai obat kumur.

  8. Kayu manis
    Kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi. Campurkan bubuk kayu manis dengan sedikit madu dan oleskan pada gusi yang berdarah.

  9. Wortel
    Wortel mengandung vitamin A dan C, yang dapat membantu memperkuat gusi dan jaringan ikat di sekitarnya. Makanlah wortel secara teratur untuk membantu mencegah dan mengobati gusi berdarah.

Demikianlah beberapa bahan alami yang dapat membantu mengatasi gusi berdarah. 

Namun, jika gusi berdarah terus berlanjut dan tidak sembuh setelah beberapa hari, segera konsultasikan dengan dokter gigi untuk mendapatkan perawatan yang tepat.

Cara Mengatasi/Mengobati Gusi Berdarah dengan Obat di Apotik

Gusi berdarah merupakan masalah kesehatan gigi yang umum terjadi pada banyak orang. Jika Anda mengalami gusi berdarah, segera konsultasikan dengan dokter gigi atau apoteker untuk mendapatkan obat yang tepat untuk mengobatinya. 

Berikut ini adalah beberapa obat yang dapat membantu mengatasi gusi berdarah:

  1. Antiseptik mulut
    Antiseptik mulut merupakan obat yang mengandung bahan-bahan antibakteri yang dapat membantu membersihkan bakteri pada mulut dan mencegah infeksi pada gusi. Obat antiseptik mulut seperti chlorhexidine dan hexetidine dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan menghentikan pendarahan. Gunakan antiseptik mulut sesuai dengan petunjuk dokter atau apoteker.

  2. Analgesik
    Analgesik atau obat pereda nyeri dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh gusi berdarah. Obat analgesik seperti parasetamol, aspirin, dan ibuprofen dapat membantu mengurangi rasa sakit pada gusi. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat analgesik.

  3. Obat kumur
    Obat kumur yang mengandung bahan-bahan antibakteri seperti klorheksidin atau hexetidine dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan mencegah infeksi. Obat kumur juga dapat membantu membersihkan plak pada gigi dan gusi yang dapat menyebabkan gusi berdarah.

  4. Suplemen vitamin
    Suplemen vitamin seperti vitamin C dan vitamin K dapat membantu memperkuat gusi dan mencegah perdarahan. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan gusi mudah berdarah, sehingga mengonsumsi suplemen vitamin C dapat membantu mengatasi gusi berdarah. Sementara itu, vitamin K dapat membantu memperkuat pembuluh darah pada gusi dan mencegah perdarahan.

  5. Obat antibiotik
    Jika gusi berdarah disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter gigi dapat meresepkan antibiotik untuk membantu mengobatinya. Antibiotik dapat membantu mengurangi peradangan pada gusi dan mencegah infeksi. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakan antibiotik.

Demikianlah beberapa obat yang dapat membantu mengatasi gusi berdarah. Namun, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggunakan obat-obatan tersebut. 

Selain itu, perlu diingat bahwa obat-obatan hanya bersifat sementara dan tidak dapat mengatasi masalah gusi berdarah secara permanen. 

Untuk mengatasi masalah gusi berdarah secara permanen, sebaiknya menjaga kebersihan gigi dan gusi dengan baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan perawatan gigi yang tepat.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Terbukti Manjur