Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Cara Cepat Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Mudah

Apakah Anda memiliki kadar kolesterol yang tinggi ?. Jika iya maka mulai sekarang Anda harus mulai menurunkan kadar kolesterol yang Anda miliki agar tidak menimbulkan berbagai macam penyakit lainnya. Bagaimana cara menurunkan kadar kolesterol yang tinggi ?. Simak ulasan selengkapnya berikut ini.


 

Terdapat beberapa cara menurunkan kolesterol yang bisa Anda lakukan sendiri, dengan mudah. Cara ini cukup ampuh membantu menurunkan kolesterol. Anda tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menurunkan kolesterol. Dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan secara mandiri, kadar kolesterol akan menurun dan kesehatan tubuh Anda akan kembali dengan cepat.

Kolesterol memang salah satu lemak yang dibutuhkan tubuh untuk membentuk dan memperbaiki sel dan hormon. Namun kolesterol yang terlalu tinggi juga tidak baik bagi tubuh Anda, karena akan mengganggu kesehatan dan menimbulkan beberapa penyakit berbahaya.

5 Cara Cepat Menurunkan Kadar Kolesterol Dengan Mudah

Jika seseorang memiliki kolesterol jahat yang lebih tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan penimbunan lemak berbentuk dinding arteri. Kondisi ini bisa menyebabkan penyempitan dan pengerasan pada pembuluh darah sehingga menyebabkan beberapa penyakit.

Penyakit jantung dan stroke adalah salah satu penyakit yang disebabkan karena kolesterol jahat dalam tubuh terlalu tinggi. Untuk mengatasinya, berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara alami.
 

1. Mengonsumsi Makanan Sehat

Cara menurunkan kolesterol yang pertama adalah dengan mengonsumsi makanan sehat. Cara ini cukup alami. Anda bisa melakukannya di samping mengonsumsi obat penurun kolesterol. Untuk itu sebaiknya konsumsi makanan yang direbus daripada digoreng.

Hindari makanan yang mengandung minyak nabati seperti kue kering dan biskuit. Sebaiknya konsumsi makanan kaya asam lemak dan omega. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang tinggi akan serat seperti sayur, karena kandungan makanan ini tidak mempengaruhi lemak jahat.
 

2. Banyak Olahraga

Cara selanjutnya jangan sampai Anda meninggalkan olahraga, karena olahraga sangat penting bagi kesehatan. Bagi pemilik kolesterol tinggi aktivitas olahraga  cukup baik untuk mengurangi kadar kolesterol. Namun, berolahraga berat juga tidak dianjurkan, karena jenis olahraga ringan pun sudah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah Anda.

Seperti dengan berjalan kaki sekitar 30 menit selama 5 kali dalam seminggu sudah cukup untuk mengurangi kadar kolesterol. Karena dengan ini dapat membantu membakar lemak dalam tubuh dan mengurangi kadar kolesterol. Sehingga kolesterol  tubuh tetap stabil dalam jumlah batas yang normal.
 

3. Berhenti Merokok

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya adalah dengan berhenti merokok. Karena zat kimia pada rokok sangat berbahaya. Hal ini dapat mengganggu perkembangan kolesterol baik dalam tubuh dan menyebabkan munculnya berbagai masalah terutama pada paru-paru.

Apabila Anda berhenti merokok jadi tekanan darah dan detak jantung akan kembali normal, sehingga sirkulasi darah akan lancar. Dengan ini fungsi paru-paru pun akan membaik karena tidak terkontaminasi zat racun dalam rokok dan tubuh menjadi sehat.
 

4. Kurangi Minum Alkohol

Cara menurunkan kolesterol selanjutnya untuk mengurangi kadar kolesterol jahat adalah dengan mengurangi konsumsi alkohol. Karena mengonsumsi alkohol ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Seperti jantung, tekanan darah tinggi, hingga kadar kolesterol yang naik.

Jika memang Anda ingin mengknsumsinya sebaiknya konsumsi alkohol dalam jumlah wajar dan pastikan kondisi kesehatan Anda baik. Untuk  yang berusia 65 tahun ke atas sebaiknya konsumsi 1 gelas sehari sedangkan usia di bawah 65 tahun konsumsi 2 gelas sehari.

5. Kontrol Berat Badan

Sebaiknya Anda juga harus mengontrol berat badan jika ingin kadar kolesterol dalam tubuh Anda menurun. Karena berat badan yang ideal adalah kunci untuk membuat kadar kolesterol dalam tubuh Anda normal, Anda bisa melakukan diet sehat.

Cara menurunkan kolesterol Anda bisa rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tidak berlebihan agar tidak memiliki berat badan berlebih. Karena orang dengan berat badan yang berlebih jauh lebih rentan memiliki kadar kolesterol tinggi, jadi pastikan berat badan selalu stabil.

Demikianlah informasi tentang cara cepat menurunkan kadar kolesterol yang tinggi dengan mudah. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Contoh Makanan untuk Membakar Kalori Tubuh