Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan dan Kandungan Nurtisinya

Anda sering makan buah mangga ?. Buah mangga atau mango merupakan buah yang sangat populer di indonesia. Buah mangga termasuk jenis buah yang memiliki banyak varietas karena memang saat ini sudah dibudidayakan. Beberapa varietas unggulan dari buah mangga ini diantaranya Mangga Arumanis, Gedong, Golek, dan Manalagi.


Buah mangga dikonsumsi dengan cara memakannya langsung buah yang sudah masak. Namun ada juga yang memanfaatkan buah mangga sebagai salad serta dibuat jus. Ada juga yang menjadikannya sebagai bahan rujak petis untuk mangga mengkal (masih muda).

Selain memiliki sifat rasa yang manis dan menyegarkan, ternyata buah mangga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga kaya vitamin E dan diyakini mengandung afrodisiak, yakni bahan yang bisa berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta. 

Kandungan Nutrisi Buah Mangga

Buah mangga adalah sumber nutrisi yang kaya dan menyediakan berbagai vitamin, mineral, serat, dan antioksidan. Kandungan nutrisi buah mangga dapat bervariasi sedikit tergantung pada jenis mangga tertentu. Berikut adalah perkiraan kandungan nutrisi rata-rata untuk setiap 100 gram buah mangga mentah:

  1. Kalori: 60-70 kalori
  2. Karbohidrat: 15-16 gram
    • Gula alami: 14-15 gram
    • Serat: 1,6-1,8 gram
  3. Protein: 0,8-0,9 gram
  4. Lemak: 0,4-0,6 gram
  5. Vitamin C: 36-60 mg (sekitar 60-100% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  6. Vitamin A: 54-68 mikrogram (sekitar 6-8% dari asupan harian yang direkomendasikan)
  7. Vitamin E: 0,9-1,1 mg
  8. Vitamin K: 4,2-6,9 mikrogram
  9. Vitamin B6 (piridoksin): 0,1-0,1 mg
  10. Folat: 29-54 mikrogram
  11. Potasium: 168-176 mg
  12. Magnesium: 9-11 mg
  13. Fosfor: 11-14 mg
  14. Kalsium: 11-16 mg
  15. Zat besi: 0,1-0,2 mg

Buah mangga juga mengandung antioksidan seperti beta-karoten, zeaksantin, dan lutein, yang dapat memberikan manfaat kesehatan tambahan. Kandungan nutrisi ini dapat bervariasi, tergantung pada faktor-faktor seperti varietas mangga, tingkat kematangan, dan kondisi tumbuh. Selain itu, penting untuk dicatat bahwa informasi ini bersifat perkiraan dan dapat bervariasi tergantung pada sumbernya.

Manfaat Buah Mangga Untuk Kesehatan


1. Antikanker

Anti-cancerogenic dan mencegah kanker payudara, kolon dan prostat. Senyawa antioksidan yang hadir dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.

2. Menurunkan kolesterol

Mangga kaya akan prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (kolesterol jahat).

3. Menjaga kesehatan mata

Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.

4. Indeks Glikemik Rendah

Nilai Indeks Glikemik mangga adalah 51, yang tergolong dalam kategori rendah. Jadi, mangga tidak memiliki efek yang terlalu signifikan dalam meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga buah ini cukup aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, tentu saja dalam jumlah wajar.

5. Membersihkan kulit

Lupakan mitos yang mengatakan bahwa makan mangga bisa sebabkan jerawat! Mangga justru bisa bertindak sebagai pembersih kulit, dengan membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat.

6. Meningkatkan vitalitas

Manga adalah sumber vitamin E, yang membantu mengatur hormon untuk meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita.

7. Menyehatkan pencernaan

Mangga mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi asam.

Cara Membuat Jus Mangga Untuk Kesehatan

Membuat jus mangga yang segar dan sehat sangat mudah dilakukan. Jus mangga adalah cara yang enak untuk menikmati manfaat nutrisi yang terkandung dalam buah mangga. Berikut adalah resep sederhana untuk membuat jus mangga:

Bahan:

  • 2 mangga matang, kupas dan potong-potong
  • 1-2 sendok makan gula (opsional, tergantung pada seberapa manis mangga yang digunakan)
  • Es batu (opsional)
  • Air secukupnya

Langkah-langkah:

  1. Persiapkan Bahan:

    • Kupas dan potong-potong mangga. Pastikan mangga sudah matang agar rasanya lebih manis.
    • Jika Anda ingin jus yang lebih dingin, tambahkan beberapa potongan es batu.
  2. Blender:

    • Letakkan potongan mangga ke dalam blender.
    • Jika Anda menginginkan jus yang lebih encer, tambahkan air secukupnya.
  3. Blender Hingga Halus:

    • Nyalakan blender dan proses hingga mangga menjadi jus halus. Pastikan tidak ada potongan besar yang tersisa.
  4. Tambahkan Gula (Opsional):

    • Jika mangganya tidak cukup manis, tambahkan gula sesuai selera. Uji rasa dan sesuaikan keinginan Anda.
  5. Saring (Opsional):

    • Jika Anda menginginkan jus yang halus, Anda dapat menyaringnya menggunakan saringan atau kain khusus jus untuk memisahkan serat kasar.
  6. Sajikan:

    • Tuangkan jus mangga ke dalam gelas. Tambahkan es batu jika diinginkan.
  7. Hidangkan:

    • Nikmati jus mangga segar dan sehat! Anda juga bisa mendekorasi dengan irisan mangga atau hiasan lainnya.

Selain jus mangga biasa, Anda dapat mengeksplorasi variasi dengan menambahkan bahan lain seperti jeruk nipis, mint, atau bahkan yogurt untuk mendapatkan rasa yang lebih beragam. Selamat menikmati jus mangga untuk kesehatan Anda!

Nah, bagaimana banyak sekali bukan, manfaat buah mangga ini? Jadibagi Anda yang doyan makan buah mangga, jangan khawatir dengan mitos bahwa buah mangga bisa menyebabkan diabetes atau jerawat. Selama dikonsumsi secara wajar, aman-aman saja. Semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda.